RiniXIa1 23's Blog

sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau merubah dirinya menjadi lebih baik

TIK

BAB 1

PERANGKAT KERAS INTERNET DAN JARINGAN

Perangkat Utama Pendukung Koneksi Internet
1. Perangkat Client
Perangkat Client atau workstation adalah perangkat yang mutlak harus ada untuk dapat mengakses internet.
Contoh perangkat client antara lain :
a. PC Desktop
PC Desktop adalah computer personal yang digunakan untuk menjalankan aplikasi desktop (grafis) dalam keperluan sehari-hari.
Keunggulan PC Desktop adalah lebih tahan banting, harga yang relative murah, mudah dan murah untuk di upgrade. Kelemahannya adalah membutuhkan ekstra tempat untuk menggunakannya, membutuhkan banyak kabel untuk koneksi dan tidak mudah untuk dipindah-pindah.
b. Notebook
Komputer Laptop atau Notebook merupakan komputer personal yang memiliki sumber daya baik baterai maupun listrik AC.
Tiga kelebihan laptop jika dibandingkan dengan desktop adalah masalah portable, small, dan convenient. Kelemahannya yaitu kemampuannya terbatas, keyboard dan mouse yang kecil, membutuhkan dana ekstra untuk membeli, dan lebih sulit penggunaannya dibandingkan PC Desktop.
c. Handphone
Telepon genggam atau handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telephone fixed line yang konvensional namun dapat dibawa kemana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.
d. PDA
Personal Digital Assistants (PDA) adalah alat elektronik yang berbasis computer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. Selain sebagai pengorganisir pribadi, PDA juga digunakan sebagai kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan computer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. PDA yang lebih anggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, internet, atau ekstranet lewat Wi-Fi atau jaringan Wireless.
Salah satu cirri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.
e. SmartPhone
SmartPhone adalah sebuah ponsel multifungsi yang menggabungkan beberapa fungsi dari sebuah PDA, seperti personal scheduler, kalender, dan phone book. Sebuah smartphone dilengkapi dengan kemampuannya untuk mengakses internet, cek e-mail, memainkan game online sampai menulis dan mengedit dokumen spreadsheet seperti file Microsoft Word dan Excel layaknya sebuah computer mini.
Ada dua poin yang harus dimiliki handphone dapat dimasukkan dalam kategori smartphone yaitu :
1). Versatility atau kemampuan untuk menjalankan keanekaragaman fungsi
2). Capacity atau kapasitas penyimpanan (memori)
f. Thin Client
Thin client dirancang untuk efisiensi dan pemanfaatan penuh kemampuan komputasi dari computer server yang saat ini kekuatannya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi normal dan di sisi lain menurunkan biaya pemakaian, perawatan, dan investasi perangkat secara keseluruhan disbanding solusi fat client.
2. Modem
a. Pengertian modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
b. Cara kerja modem
Data dari computer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikitimkan kepada computer.
c. Fungsi modem
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.
Modem dengan fasilitas voice modem merubah funsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet saja, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video, bahkan ada yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi mesin penjawab telepon dan perekam suara.
d. Jenis-jenis modem
1). Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2). Modem ADSL
3). Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV kabel
4). Modem CDMA
5). Modem 3GP
6). Modem GSM
3. Line Telephone
Line telepon adalah sambungan instalasi telepon yang masuk ke rumah kita. Jika kita menggunakan layanan dial-up maka secara otomatis telepon rumah tidak akan berfungsi untuk sementara waktu. Jika menggunakan layanan ADSL maka kita dapat berkoneksi internet dan tetap dapat menggunakan telepon rumah.
Perangkat Pendukung untuk Mengembangkan Jaringan Internet
Server
Sever adalah sebuah system computer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan computer.
Macan-macam server :
a. PC Server
PC Server adalah computer personal biasa yang difungsikan sebagai server.
b. Branded Server
Branded Server adalah computer yang benar-benar didesain sebagai server.
c. Cluster Server
Cluster Server merupakan jalinan dari beberapa server untuk melayani permintaan yang sama dalam sebuah jaringan.
d. Mainframe Server
Mainframe Server adalah sebuah computer besar yang mampu melayani ratusan bahkan ribuan user secara bersamaan.
Repeater
Repeater adalah suatu perangkat dengan program yang digunakan untuk mengatasi keterbatasan (jarak, kualitas sinyal) fisik suatu segmen jaringan (komputer). Dapat juga digunakan untuk menggabungkan beberapa segmen suatu jaringan yang besar (misalnya Ethernet to Ethernet).
Hub
Hub adalah titik penyambung di antara station dengan station dan di antara station dengan server.
a. Hub Chasis
Chasis hub adalah hub yang dipasang pada chasing. Chasis ini mempunyai ruang/ slot pengembangan CES (Card Expansion Slots) berbentuk padat.
b. Hub Stackable
Stackable hub terdapat dalam bentuk kotak tipis 6 hingga 24 port. Kebanyakan portnya mempunyai lampu indicator yang menyala ketika digunakan.
Switch
Switch adalah perluasan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store-and-forward.
Cara kerja switch sudah lebih canggih dibandingkan hub, oleh karena itu switch sering disebut juga smart hub.
Router
Router berfungsi menyaring atau memfilter lalu lintas data, dan menghubungkan antar jarinan LAN, bahkan dengan WAN.
Proxy
Proxy server adalah sebuah computer server atau program computer yang dapat bertindak sebagai computer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari internet atau intranet.
Gateway
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan computer dengan satu atau lebih jaringan computer yang menggunakan protocol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan computer lain yan protokolnya berbeda.
Access Point
Access Point adalah alat bantu pada jaringan wireless atau WLAN. Access point menerima dan memancarkan kembali data yan berupa gelombang. Access point menghubungkan antara computer yang satu dengan yang lain pada WLAn dan kadang berfungsi pula sebagai jembatan (Bridge) antara WLAN dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Kartu Jaringan
Kartu Jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari computer ke sebuah jaringan computer.
a. NIC fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard computer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express.
Kartu NIC fisik terbai menjadi dua jenis, yaitu :
1). Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC)
2). Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (arcitekture-specific NIC)
b. NIC logis
NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas system operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC.
Media Transmisi
Media Transmisi merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara satu computer dengan computer atau peripheral lainnya. Media ini berfungsi sebagai infrastruktur transmisi data dari workstation menuju ke server atau sebagai media distribusi informasi.
Jenis-jenis media transmisi :
a. Media transmisi kabel
Bila sumber data dan penerima jaraknya tidak terlalu jauh dan dalam area local, maka dapat digunakan kabel sebagai media transmisinya. Kabel yang sering digunakan adalah :
1). Twisted Pair
Kabel Twisted Pair terdiri atas dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded Twisted Pair (STP) adalah kabel Twisted Pair yang setiap pasangnya diberi perlindunan lagi sehingga harganya lebih mahal disbanding Unshielded Twisted Pair (UTP).
Keuntungan dari penggunaan media Twisted Pair dalam suatu jaringan computer adalah kemudahan dalam membangun instalasi dan relative murah harganya. Namun, jarak jangkau dan kecepatan transmisi data pada Twisted Pair relative terbatas.
2). Coaxial
Terdapat dua jenis kabel coaxial, yaitu kabel coaxial baseband (kabel 50 ohm) yang digunakan untuk transmisi digital dan kabel coaxial broadband (kabel 75 ohm) yang digunakan untuk transmisi analog.
3). Serat Optik
Kabel jenis serat optic ini berukuran kecil, jarak jangkauannya mencapai dua kilometer (serat ASK-NRZI) dengan kecepatan tinggi (100 MBps).
b. Media transmisi nirkabel (Wireless)
Bila sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh atau medannya sulit untuk penerapan instalasi kabel sebagai media transmisi jaringan, maka dapat digunakan media transmisi berupa radiasi elektromanetik (listrik dan magnet yang inteferensi) yang dipancarkan melalui udara terbuka yang dapat berupa mikrogelombang (Microwive), system satelit, sinar infra merah atau system laser.
Jaringan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi problem lokasi.
Pertama, untuk pembangunan infrastruktur jaringan computer terpadu antar gedung atau kawasan yang terpisah oleh jarak dan kondisi medan yang tidak memungkinkan untuk ditarik kabel.
Kedua, teknologi ini menjadi solusi untuk para pebisnis yang mobilitasnya tinggi sehingga dimanapun mereka berada dapat melakukan kontak dan mengirimkan data ke perusahaannya.
Ketiga, tknologi ini sangat cocok untuk penggunaan sementara waktu seperti di area pameran atau ruang pamer yang

BAB 2

SETTING KONEKSI INTERNET

A. Berbagai Macam Koneksi Internet dan Spesifikasi Instalasi

1. Berbagai Jenis Koneksi Internet secara umum sering digunakan oleh pengguna internet untuk mendapatkan koneksi internet murah adalah dengan koneksi dial-up.Selain itu dapat memanfaatkan GPRS, Satelit VSAT, Listrik, Paket radio dll.

Macam koneksi Internet:

1. Teknologi dial-up telepon langsung Istilsah teknologi dalam bahasa inggris mengacu pada akses internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau bergerak.keuntungan penggunaan koneksi dial-up terletak pada biaya instalasi dan bulanan yang relatif lebih murah.sedangkan kelemahan koneksi dial-up ini terletak pada kecepatan akses yang tidak murni 100%, umumnya 56kbps dari ISP sehingga pelanggan hanya dapat mengakses 30kbps atau maksimal 50kbps.Pengguna koneksi internet jenis ini bisa didapat dari: Telkomnet Instan (tanpa registrasi), Indosat (dengan registrasi), Idola (dengan registrasi). 1. Koneksi teknologi broadband DSL (Digital Subscriber Line) Secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang disediakan untuk penggunanya sangat lebar, tetapi jalur ini akan dibagi dengan pengguna sekitarnya. Berikut adalah tipe koneksi broadband mengadopsi teknologi DSL: 1.) Asymmetric DSL (ADSL) Tipe ini sengaja diciptakan untuk memenuhin kebutuhan pengguna level perumahan,dimana traffic menerima data lebih besar dari pada melakukan pengiriman.ADSL menyediakan koneksi upstream yang relatif lambat karena biasanya koneksi ini hanya digunakan untuk melakukan permintaan data ke internet. 2.) Symmetric DSL (SDSL) Merupakan koneksi yang memiliki spesifikasi jalur upload dan download yang sama persis keduanya.SDSL sangat cocok digunakan untuk aplikasi seperti pengirirman email besar dengan attacment yang besar, melakukan upload informasi ke internet,FTP server.sangat cocok juga jika digunakan pada perusahaan. 3.) G.SHDSL Teknologi ini dapat melayani penggunanya dengan fitur multi-rate (kecepatan yang berbeda-beda), multi service dengan jarak jangkauan yang lebih panjang dari teknologi DSL yang lainnya. 4.) Intregated Service Digital Network DSL (IDSL) Pada dasarnya adalah sebuah line ISDN BRI yang digunakan sebagai jalur leased line. Jalur ini dapat dikonfigurasi denagn kecepatan 64 kbps, 128 kbps, 144 kbps.IDSL hanya dapat digunakan untuk membawa komunikasi data saja, tidak seperti ISDN yang juga bisa digunakan untuk suara.IDSL sangat ideal untuk digunakan di kanto-kantor cabang karena sinmyalnya bisa dikuatkan seperti ISDN. 5.) Very-High-data-rate DSL (VDSL) VDSL dapat menghantarkan data penggunanya mulai dari 13 Mbps sampai dengan 52 Mbps downstream dan 1,5 hingga 2,3 Mbps upstream hanya dengan menggunakan satu pasang kabel tembaga twisted.kelemahannya adalah jarak maksimalnya hanya sejauh 1,3 km saja. 6.) High-data-rate DSL (HDDSL) HDSL ini memiliki kecepatan transfer data yang sama dengan ujaringan E1 saat ini.HDSL dapat beroperai melayani penggunanya dalam jarak 3,6 km saja. Namun,repeater atau penguat dapat dipasang untuk memperpanjang jangkauannya. 1. Koneksdi teknologi broadband TV kabel Teknoloi ini memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa dibroadcast di udara menjadi berbentuk sinyal-sinyal yang dapat dilewatkan di dalam bungkusan kabel coaxial.beberapa keuntungan yang akan didapat pengguna dari adanya teknologi kabel antara lain: 1.) teknologi kabel yang melewatkan koneksi internet dapat memungkinkan penggunanya melakukan koneksi VPN ke kantor pusat secara non-stop, sehingga pengguna bagaikan memiliki jalur pribadi sendiri dengan komeksi yang tabpa henti. 2.) Kecepatan transfer yang relatif tinggi dipadukan dengan harga yang tidak terlalu mahal. 3.) Teknologi TV kabel pus internet dapat menciptakan servis baru,yaitu TV interaktif. 1. Teknologi GPRS GPRS adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket engan memanfaatkan gelombang radio.Dibandngkan dengan protocol WAP,GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapa 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.alat komunikasi dengan GSM GPRS mempunyai fasilitas pertukaran data sampai dengan kecepatan 170 kbps. Salah satu keuntungan dari teknologi ini adalah pengguna akan selalu terhubung atau konected.selalu online,tetapi akan dikenai biaya hanya besarnya data yang ditransmisi.koneksi CDMA pada saat ini dapat mencapai 230 kbps. 1. Teknologi listrik Komunikasi saluran lisrik adalah suatu sistem untuk membawa data di suatu kondektur/dirigen yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik 1. Teknologi radio paket Radio paket adalahmetode komunikasi data paket melalui media transmisi gelombang radio. System komunikasi radio memiliki beberapa keuntungan dan kerugian: 1. keuntungan: a.) Murah.peralatan yang digunakan relatif murah dan menggunakan peralatan yang sudah ada. b.) Radio paket menggunakan media radio yang tidak dikenai biaya koneksi, tidak seperti halnya penggunaan telepon untuk komunikasi data. c.) Tanpa kabel/ wireless, sehingga dapat menempuh jarak jangkau yang cukup jauh disbanding kabel. 2. Kerugian: a.) Kecepatannya rendah hanya 1200 bps. b.) System komunikasi paket radio yang sudah stabil sekarang berjalan pada kecepatan 1200 bps 1. Teknologi WAP (Wireless Application Protocol) WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah hp digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP. Keterbatasan perangkat WAP antara lain: 1.kemampuan CPU yang lebih rendah dibandingkan dengan CPU yang digunakan pada perangkat wired seperti komputer). 2.keterbatasan ukuran memori. 3.penghematan penggunaan catu daya (power) yang biasanya menggunakan baterai. 4.ukuran display yang lebih kecil dan terbatas. 5.input device yangberbeda dengan device biasa. 1. Teknologi VSAT VSAT (Very Small Apperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. 1. Wifi (Wireless Fidelity) Wifi adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan local area network yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. 2. Klasifikasi Jaringan Kemampuan jarinag komputer berdasarkan ruang lingkup dan jangkauan dapat dibagi menjadi beberapa kelompok,sebagai berikut: a. Jaringan LAN (Local Area Network) merupakan suatu jaringan di mana peralatan-peralatan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas.jaringan LAN terdiri dari file server: berfungsi untuk mengontrol harddisk serta menghubungkannya ke dalam jaringan. Utility server,dengan adanya peralatan ini memungkinkan untuk setiap pemakai didalam jaringan bisa menggunakan beberapa peralatan. Printer server,berfungsi untuk membagi peng-access-ann printer kedalam sebuah jaringan sehngga bisa dimanfaatkan seluruh pemakai.Gateway merupakan suatu peralatan didalam jaringan yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan jaringan yang lain.pada jaringan LAN kecepatan transmisi mencapai 100 Mbps. Ciri-ciri jaringan LAN: 1. Brsifat local. 2. Dikontrol oleh satu kekuasaan administratif. 3. Pengguna sebuah LAN dianggap dapat dipercaya. 4. Mempunyai kecepatan yang tinggi dan data dapat di sharing. Keuntungan pengguna jaringan LAN: * Akses antara komputer berlangsung cepat dan mudah. * Dapat dihubungkan dengan banyak komputer. * Dapat terkoneksi dengan internet. * Back up dapat berlangsung lebih mudak dan cepat. b. Jaringan MAN (Metropilitan Area Network) Pda dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Ciri-ciri jaringan MAN: 1. Mempunyai luas jaringan antara 5 sampai 50 km dan mengkoneksi komputer dalam suatu kota. 2. MAN umumya dimiliki oleh beberapa organisasi. 3. MAN biasanya memiliki network provider. 4. Merupakan jaringan dengan kecepatang yang tinggi. 5. Dapat dikoneksikan ke jaringn lain untuk membentuk WAN. c. Jaringan WAN (Wide Area Network) Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas 2 atau lebih komputer dalam suatu area yang luas dan dihubungkan dengan fasilitas komunikasi.ciri dari jaringan WAN adalah penekanan pada fasilitas transmisi sehingga komunikasi dapat berjalan efisien.. organisasi yang mendukung WAN adalah pengguna protocol internet yang dikenal sebagai NSP (Network Service Provider). d. Jringan tanpa kabel (Wireless) Jaringan ini tidak mungkin dibangun pada angkutan transportasi, sehingga pengembangan jaringan wireless merupakan satu alternatif yang dapat dipilih.jaringan tanpa kabel mempunyai banyak manfaat untuk mengirim.menerima telepon,fax,email,membaca file jarak jauh. 3. Persiapan Spesifikasi Hadware untuk Instalasi Internet Kecepatan akses internet sangat dipengaruhi oleh jenis dan spesifikasi perangkat yang digunakan.Sebuah perangkat yang memenuhi spesifikasi standar tentu akan dapat bekerja dengan cepat. Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut: * Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal Pentium III atau setara dengannya. * RAM (Random Access Memory), berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 256MB. * Harddisk, digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetic,minimal 20GB. * VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor, minimal 4MB. * Monitor, merupakan perangkata output untuk menampilkan proses kerja dari komputer. B. Tata cara Koneksi Internet Menggunakan Telkomnet Instan Telkomnet instan adalah salah satu jenis layanan dari PT Telkom Indonesia dalam hal koneksi sambungan Internet.kecepatan maksimum telkomnet instan adalah 56 kbps. Berikut ini akan dijelaskan tatacara melakukan sambungan internet dengan menggugnakan program system operasi Microsoft Windows Xp. 1. Set up koneksi * Dari menu Start, pilih menu All Programs, Accessories, Communications. * Dari pilihan menu tersebut pilih menu New Connectoin Wizard. * untuk kemudian akan tampil kotak dialog new connection wizard pilih menu next dengan menekan clik pasa kotak menu tersebut. * setelah itu akan tam[il kotak dialog new connection type. Pada kotak dialog ini kita dapat menentukan tipe koneksi yang akan ditentukan. Tandai kotak pilihan menu connect to the internet dengan mengeklik pada item menu disebelah kiri keterangan menu tersebut.kemudian akhiri dengan menekan menu next * Dari ketentuan sebelumnya, untuk kwemudian kita akan masuk pada kotak dialog new connection wizard-getting ready. Melalui kotak dialog ini tentukan keinginan setting apa yang anda kehendaki. Untuk itu pilih kotak menu set up my connection manually. Set up ini akan menuntun anda pada tutorial set up manual dial-up. Akhiri pilihan menu dengan menekan menu next. * Tahapan menu berikutnya adalah tertampilnya kotak dilog new connection wizard-internet connection. Oleh karena jenis koneksi yang akan kita lakukan adalah koneksi Dial-up Modem. Tandai item menu tersebut dan akhiri dengan menekan menu next. * Kotak dialog berikut adalah new connection wizard-connection name. Pada kotak dialog ini tentukan nama internet service provider (ISP) yang menyediakan layanan sambungan internet. Jika menggunakan layanan Dial up masukkan ketentuan telkomnet instan pada kotak menu ISP name. Untuk kemudian akhiri dengan menekan next. * Setelah ketentuan nama ISP ditentukan berikutnya akan tampil kotak dialog new connection wizard-phone number to dial. Masukkan nomor akses yang disediakan oleh Telkomnet Instan yaitu dengan phone number: 080989999. akhiri dengan menekan next. * Tampilan kotak dialog berikutnya adalah New Connection Wizard-internet account information. Pada kotak dialog ini masukkan komfirmasi kode account yang difungsikan untuk mengaktifasi sambungan internet yang kita lakukan. Account tersebut meliputi user name isi dengan telkomnet@instan. Sementara untuk kotak menu password ketik dengan telkom, confirm password: telkom. Akhiri konfirmasi account tersebut dengan menekan menu next. * Tahapan berikutnya adalah masuk pada kotak dialog new connecton wizard * Tahapan kita berikutnya adalah masuk pada kotak dialog new connetion wizard completing the new connection wizard.setup koneksi internet.tandai item menu add a shortcut to this connection … hal ini diperlukan agar dibuatkan icon shortcut menu pada tampilan desktop. * Tanda keberhasilan koneksi yang telah kita lakukan dapat di lihat pada jendela network connection icon shortcut telkomnet instan. * Selain itu penampilan icon shortcut telkomnet instan juga diperlihatkan pada tampilan desktop. Bila ketentuan tahapan set up untuk koneksi internet telah kita lakukan dngan baik dan kesiapan komputer yang telah di sambungkan dengan modern dan line telepon maka kesemuannya telah dapat di fungsikan untuk melakukan aktifitas akses dengan menjangkau berbagai layanan jaksa internet. 2.Dialing koneksi Adapun lagkah koneksi yang dapat kita lakukan untuk memulai aktifitas memperoleh layanan internet antara lain: * Lakukan double clik icon shortcut telkomnet instant. * Tunggu hingga tampil kotak dialog Connect telkomnet instant. * Perhatikan dengan seksama nomor dial dan user name,apakah sudah sesuai dengan ketentuan. Secara otomatis kotak dialog akan menunjuk ketentuan setup yang sesuai. * Untuk kemudian akan tampil kotak dialog connecting telkomnet instant… * Tunggulah beberapa saat dialing berlangsung hingga berhasil. Indicator keberhasilan koneksi ke ISP ditandai dengan tampilan icon network komputer yang saling berkedip. * Kondisi yang demikian menunjukkan komputer telah terinstalasi dengan benar dan siap dipergunakan untuk melakukan berbagai kegiatan browsing,surfing,serta kegiatan lainnya. BAB 2 SETTING KONEKSI INTERNET A. Berbagai Macam Koneksi Internet dan Spesifikasi Instalasi 1. Berbagai Jenis Koneksi Internet secara umum sering digunakan oleh pengguna internet untuk mendapatkan koneksi internet murah adalah dengan koneksi dial-up.Selain itu dapat memanfaatkan GPRS, Satelit VSAT, Listrik, Paket radio dll. Macam koneksi Internet: 1. Teknologi dial-up telepon langsung Istilsah teknologi dalam bahasa inggris mengacu pada akses internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau bergerak.keuntungan penggunaan koneksi dial-up terletak pada biaya instalasi dan bulanan yang relatif lebih murah.sedangkan kelemahan koneksi dial-up ini terletak pada kecepatan akses yang tidak murni 100%, umumnya 56kbps dari ISP sehingga pelanggan hanya dapat mengakses 30kbps atau maksimal 50kbps.Pengguna koneksi internet jenis ini bisa didapat dari: Telkomnet Instan (tanpa registrasi), Indosat (dengan registrasi), Idola (dengan registrasi). 1. Koneksi teknologi broadband DSL (Digital Subscriber Line) Secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang disediakan untuk penggunanya sangat lebar, tetapi jalur ini akan dibagi dengan pengguna sekitarnya. Berikut adalah tipe koneksi broadband mengadopsi teknologi DSL: 1.) Asymmetric DSL (ADSL) Tipe ini sengaja diciptakan untuk memenuhin kebutuhan pengguna level perumahan,dimana traffic menerima data lebih besar dari pada melakukan pengiriman.ADSL menyediakan koneksi upstream yang relatif lambat karena biasanya koneksi ini hanya digunakan untuk melakukan permintaan data ke internet. 2.) Symmetric DSL (SDSL) Merupakan koneksi yang memiliki spesifikasi jalur upload dan download yang sama persis keduanya.SDSL sangat cocok digunakan untuk aplikasi seperti pengirirman email besar dengan attacment yang besar, melakukan upload informasi ke internet,FTP server.sangat cocok juga jika digunakan pada perusahaan. 3.) G.SHDSL Teknologi ini dapat melayani penggunanya dengan fitur multi-rate (kecepatan yang berbeda-beda), multi service dengan jarak jangkauan yang lebih panjang dari teknologi DSL yang lainnya. 4.) Intregated Service Digital Network DSL (IDSL) Pada dasarnya adalah sebuah line ISDN BRI yang digunakan sebagai jalur leased line. Jalur ini dapat dikonfigurasi denagn kecepatan 64 kbps, 128 kbps, 144 kbps.IDSL hanya dapat digunakan untuk membawa komunikasi data saja, tidak seperti ISDN yang juga bisa digunakan untuk suara.IDSL sangat ideal untuk digunakan di kanto-kantor cabang karena sinmyalnya bisa dikuatkan seperti ISDN. 5.) Very-High-data-rate DSL (VDSL) VDSL dapat menghantarkan data penggunanya mulai dari 13 Mbps sampai dengan 52 Mbps downstream dan 1,5 hingga 2,3 Mbps upstream hanya dengan menggunakan satu pasang kabel tembaga twisted.kelemahannya adalah jarak maksimalnya hanya sejauh 1,3 km saja. 6.) High-data-rate DSL (HDDSL) HDSL ini memiliki kecepatan transfer data yang sama dengan ujaringan E1 saat ini.HDSL dapat beroperai melayani penggunanya dalam jarak 3,6 km saja. Namun,repeater atau penguat dapat dipasang untuk memperpanjang jangkauannya. 1. Koneksdi teknologi broadband TV kabel Teknoloi ini memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa dibroadcast di udara menjadi berbentuk sinyal-sinyal yang dapat dilewatkan di dalam bungkusan kabel coaxial.beberapa keuntungan yang akan didapat pengguna dari adanya teknologi kabel antara lain: 1.) teknologi kabel yang melewatkan koneksi internet dapat memungkinkan penggunanya melakukan koneksi VPN ke kantor pusat secara non-stop, sehingga pengguna bagaikan memiliki jalur pribadi sendiri dengan komeksi yang tabpa henti. 2.) Kecepatan transfer yang relatif tinggi dipadukan dengan harga yang tidak terlalu mahal. 3.) Teknologi TV kabel pus internet dapat menciptakan servis baru,yaitu TV interaktif. 1. Teknologi GPRS GPRS adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket engan memanfaatkan gelombang radio.Dibandngkan dengan protocol WAP,GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapa 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.alat komunikasi dengan GSM GPRS mempunyai fasilitas pertukaran data sampai dengan kecepatan 170 kbps. Salah satu keuntungan dari teknologi ini adalah pengguna akan selalu terhubung atau konected.selalu online,tetapi akan dikenai biaya hanya besarnya data yang ditransmisi.koneksi CDMA pada saat ini dapat mencapai 230 kbps. 1. Teknologi listrik Komunikasi saluran lisrik adalah suatu sistem untuk membawa data di suatu kondektur/dirigen yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik 1. Teknologi radio paket Radio paket adalahmetode komunikasi data paket melalui media transmisi gelombang radio. System komunikasi radio memiliki beberapa keuntungan dan kerugian: 1. keuntungan: a.) Murah.peralatan yang digunakan relatif murah dan menggunakan peralatan yang sudah ada. b.) Radio paket menggunakan media radio yang tidak dikenai biaya koneksi, tidak seperti halnya penggunaan telepon untuk komunikasi data. c.) Tanpa kabel/ wireless, sehingga dapat menempuh jarak jangkau yang cukup jauh disbanding kabel. 2. Kerugian: a.) Kecepatannya rendah hanya 1200 bps. b.) System komunikasi paket radio yang sudah stabil sekarang berjalan pada kecepatan 1200 bps 1. Teknologi WAP (Wireless Application Protocol) WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah hp digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP. Keterbatasan perangkat WAP antara lain: 1.kemampuan CPU yang lebih rendah dibandingkan dengan CPU yang digunakan pada perangkat wired seperti komputer). 2.keterbatasan ukuran memori. 3.penghematan penggunaan catu daya (power) yang biasanya menggunakan baterai. 4.ukuran display yang lebih kecil dan terbatas. 5.input device yangberbeda dengan device biasa. 1. Teknologi VSAT VSAT (Very Small Apperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. 1. Wifi (Wireless Fidelity) Wifi adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan local area network yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. 2. Klasifikasi Jaringan Kemampuan jarinag komputer berdasarkan ruang lingkup dan jangkauan dapat dibagi menjadi beberapa kelompok,sebagai berikut: a. Jaringan LAN (Local Area Network) merupakan suatu jaringan di mana peralatan-peralatan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas.jaringan LAN terdiri dari file server: berfungsi untuk mengontrol harddisk serta menghubungkannya ke dalam jaringan. Utility server,dengan adanya peralatan ini memungkinkan untuk setiap pemakai didalam jaringan bisa menggunakan beberapa peralatan. Printer server,berfungsi untuk membagi peng-access-ann printer kedalam sebuah jaringan sehngga bisa dimanfaatkan seluruh pemakai.Gateway merupakan suatu peralatan didalam jaringan yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan jaringan yang lain.pada jaringan LAN kecepatan transmisi mencapai 100 Mbps. Ciri-ciri jaringan LAN: 1. Brsifat local. 2. Dikontrol oleh satu kekuasaan administratif. 3. Pengguna sebuah LAN dianggap dapat dipercaya. 4. Mempunyai kecepatan yang tinggi dan data dapat di sharing. Keuntungan pengguna jaringan LAN: * Akses antara komputer berlangsung cepat dan mudah. * Dapat dihubungkan dengan banyak komputer. * Dapat terkoneksi dengan internet. * Back up dapat berlangsung lebih mudak dan cepat. b. Jaringan MAN (Metropilitan Area Network) Pda dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Ciri-ciri jaringan MAN: 1. Mempunyai luas jaringan antara 5 sampai 50 km dan mengkoneksi komputer dalam suatu kota. 2. MAN umumya dimiliki oleh beberapa organisasi. 3. MAN biasanya memiliki network provider. 4. Merupakan jaringan dengan kecepatang yang tinggi. 5. Dapat dikoneksikan ke jaringn lain untuk membentuk WAN. c. Jaringan WAN (Wide Area Network) Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas 2 atau lebih komputer dalam suatu area yang luas dan dihubungkan dengan fasilitas komunikasi.ciri dari jaringan WAN adalah penekanan pada fasilitas transmisi sehingga komunikasi dapat berjalan efisien.. organisasi yang mendukung WAN adalah pengguna protocol internet yang dikenal sebagai NSP (Network Service Provider). d. Jringan tanpa kabel (Wireless) Jaringan ini tidak mungkin dibangun pada angkutan transportasi, sehingga pengembangan jaringan wireless merupakan satu alternatif yang dapat dipilih.jaringan tanpa kabel mempunyai banyak manfaat untuk mengirim.menerima telepon,fax,email,membaca file jarak jauh. 3. Persiapan Spesifikasi Hadware untuk Instalasi Internet Kecepatan akses internet sangat dipengaruhi oleh jenis dan spesifikasi perangkat yang digunakan.Sebuah perangkat yang memenuhi spesifikasi standar tentu akan dapat bekerja dengan cepat. Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut: * Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal Pentium III atau setara dengannya. * RAM (Random Access Memory), berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 256MB. * Harddisk, digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetic,minimal 20GB. * VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor, minimal 4MB. * Monitor, merupakan perangkata output untuk menampilkan proses kerja dari komputer. B. Tata cara Koneksi Internet Menggunakan Telkomnet Instan Telkomnet instan adalah salah satu jenis layanan dari PT Telkom Indonesia dalam hal koneksi sambungan Internet.kecepatan maksimum telkomnet instan adalah 56 kbps. Berikut ini akan dijelaskan tatacara melakukan sambungan internet dengan menggugnakan program system operasi Microsoft Windows Xp. 1. Set up koneksi * Dari menu Start, pilih menu All Programs, Accessories, Communications. * Dari pilihan menu tersebut pilih menu New Connectoin Wizard. * untuk kemudian akan tampil kotak dialog new connection wizard pilih menu next dengan menekan clik pasa kotak menu tersebut. * setelah itu akan tam[il kotak dialog new connection type. Pada kotak dialog ini kita dapat menentukan tipe koneksi yang akan ditentukan. Tandai kotak pilihan menu connect to the internet dengan mengeklik pada item menu disebelah kiri keterangan menu tersebut.kemudian akhiri dengan menekan menu next * Dari ketentuan sebelumnya, untuk kwemudian kita akan masuk pada kotak dialog new connection wizard-getting ready. Melalui kotak dialog ini tentukan keinginan setting apa yang anda kehendaki. Untuk itu pilih kotak menu set up my connection manually. Set up ini akan menuntun anda pada tutorial set up manual dial-up. Akhiri pilihan menu dengan menekan menu next. * Tahapan menu berikutnya adalah tertampilnya kotak dilog new connection wizard-internet connection. Oleh karena jenis koneksi yang akan kita lakukan adalah koneksi Dial-up Modem. Tandai item menu tersebut dan akhiri dengan menekan menu next. * Kotak dialog berikut adalah new connection wizard-connection name. Pada kotak dialog ini tentukan nama internet service provider (ISP) yang menyediakan layanan sambungan internet. Jika menggunakan layanan Dial up masukkan ketentuan telkomnet instan pada kotak menu ISP name. Untuk kemudian akhiri dengan menekan next. * Setelah ketentuan nama ISP ditentukan berikutnya akan tampil kotak dialog new connection wizard-phone number to dial. Masukkan nomor akses yang disediakan oleh Telkomnet Instan yaitu dengan phone number: 080989999. akhiri dengan menekan next. * Tampilan kotak dialog berikutnya adalah New Connection Wizard-internet account information. Pada kotak dialog ini masukkan komfirmasi kode account yang difungsikan untuk mengaktifasi sambungan internet yang kita lakukan. Account tersebut meliputi user name isi dengan telkomnet@instan. Sementara untuk kotak menu password ketik dengan telkom, confirm password: telkom. Akhiri konfirmasi account tersebut dengan menekan menu next. * Tahapan berikutnya adalah masuk pada kotak dialog new connecton wizard * Tahapan kita berikutnya adalah masuk pada kotak dialog new connetion wizard completing the new connection wizard.setup koneksi internet.tandai item menu add a shortcut to this connection … hal ini diperlukan agar dibuatkan icon shortcut menu pada tampilan desktop. * Tanda keberhasilan koneksi yang telah kita lakukan dapat di lihat pada jendela network connection icon shortcut telkomnet instan. * Selain itu penampilan icon shortcut telkomnet instan juga diperlihatkan pada tampilan desktop. Bila ketentuan tahapan set up untuk koneksi internet telah kita lakukan dngan baik dan kesiapan komputer yang telah di sambungkan dengan modern dan line telepon maka kesemuannya telah dapat di fungsikan untuk melakukan aktifitas akses dengan menjangkau berbagai layanan jaksa internet. 2.Dialing koneksi Adapun lagkah koneksi yang dapat kita lakukan untuk memulai aktifitas memperoleh layanan internet antara lain: * Lakukan double clik icon shortcut telkomnet instant. * Tunggu hingga tampil kotak dialog Connect telkomnet instant. * Perhatikan dengan seksama nomor dial dan user name,apakah sudah sesuai dengan ketentuan. Secara otomatis kotak dialog akan menunjuk ketentuan setup yang sesuai. * Untuk kemudian akan tampil kotak dialog connecting telkomnet instant… * Tunggulah beberapa saat dialing berlangsung hingga berhasil. Indicator keberhasilan koneksi ke ISP ditandai dengan tampilan icon network komputer yang saling berkedip. * Kondisi yang demikian menunjukkan komputer telah terinstalasi dengan benar dan siap dipergunakan untuk melakukan berbagai kegiatan browsing,surfing,serta kegiatan lainnya.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: